Apa Itu TORCH Kimia Farma Cihampelas?

Pernahkah Anda mendengar sebuah pemeriksaan yang disebut TORCH screen di Kimia Farma Cihampelas? Ini adalah sebuah pemeriksaan screening yang berupa tes darah untuk mendeteksi beberapa jenis infeksi pada tubuh seseorang. TORCH sendiri adalah sebuah singkatan untuk beberapa penyakit yang diperiksa, yaitu toxoplasmosis, rubella, cytomegalovirus, herpes simplex, dengan “O” merupakan singkatan dari “other” atau lain-lain yang mencakup virus hepatitis, varicella, parvovirus, dan HIV. Semua penyakit tersebut sangat berbahaya untuk buah hati yang berada di dalam kandungan apabila penyakit-penyakit tersebut diderita oleh ibu hamil.

Pemeriksaan screening TORCH Kimia Farma Cihampelas merupakan komponen penting dalam kunjungan prenatal pertama ibu hamil. Dokter dapat melakukan komponen pemeriksaan lain apabila seorang wanita menunjukkan gejala penyakit tertentu pada saat kehamilan. Penyakit tersebut di antaranya adalah katarak, tuli, gangguan intelektual atau disingkat ID, gangguan kesehatan jantung, sakit kuning atau jaundice, kejang-kejang, serta kadar platelet yang rendah. Tes screening TORCH ini mencari antibodi untuk penyakit menular. Antibodi adalah sebuah protein yang dapat mengenali dan menghancurkan zat berbahaya dalam tubuh, seperti bakteri dan virus. 

Apakah ada risikonya?

Tes TORCH Kimia Farma Cihampelas merupakan tes darah sederhana dan rendah risiko. Anda mungkin akan menderita lebam, kemerahan, dan rasa nyeri pada daerah yang mendapatkan suntikan. Dalam kasus yang sangat langka, luka suntikan dapat terinfeksi. Tidak ada risiko untuk janin apabila ibu hamil memutuskan mendapatkan tes TORCH ini. 

Tes TORCH tidak membutuhkan persiapan khusus. Akan tetapi, jangan sungkan untuk memberitahu dokter apabila Anda terinfeksi virus apapun yang akan dicari dalam tes screening TORCH. Anda juga perlu memberitahu dokter tentang obat-obatan over-the-counter atau OTC dan obat resep yang sedang dikonsumsi. Dokter akan memberitahu apakah Anda perlu berhenti mengonsumsi obat tersebut atau tidak serta apakah Anda perlu menghindari makan dan minum sebelum tes. 

Hasil tes screening TORCH akan menunjukkan apakah saat ini Anda sedang menderita penyakit menular atau tidak. Tes ini juga akan menunjukkan apakah Anda memiliki kekebalan terhadap penyakit tertennu, seperti Rubella, karena sebelumnya pernah mendapatkan vaksinasi penyakit tersebut. Hasil dari tes TORCH akan berupa positif ataupun negatif. Tes positif berarti antibodi IgG atau IgM ditemukan untuk satu atau lebih infeksi yang terdapat dalam tes screening. Hal ini berarti saat ini Anda sedang menderita penyakit, pernah menderita penyakit, atau sebelumnya telah mendapatkan vaksinasi untuk penyakit tersebut. Dokter kemudian akan menjelaskan hasil yang mereka temukan dan meninjau bersama Anda apa arti dari hasil tersebut. 

Hasil tes negatif biasanya dianggap sebagai suatu hal yang normal, kecuali untuk penyakit yang seharusnya Anda mendapatkan vaksinasi. Hal ini berarti tidak ada antibodi yang ditemukan, dan tidak ada infeksi di masa lalu atau saat ini. Antibodi IgM ada ketika saat ini ada infeksi atau baru-baru ini Anda menderita infeksi. Apabila seorang bayi baru lahir mendapatkan hasil tes positif untuk antibodi tersebut, infeksi yang sedang diderita merupakan penyebab utama. Apabila kedua antibodi IgG dan IgM ditemukan pada bayi baru lahir, tes tambahan perlu dilakukan untuk mengonfirmasi infeksi. 

Keberadaan antibodi IgG pada wanita hamil biasanya mengindikasi adanya infeksi di masa lalu ataupun kekebalan tubuh. Jika ada pertanyaan seputar infeksi yang aktif, tes darah kedua akan dilakukan beberapa minggu kemudian sehingga level antibodi dapat dibandingkan. Jika kadar naik, hal ini dapat berarti infeksi sedang terjadi. Kunjungi Kimia Farma Cihampelas untuk mendapatkan tes TORCH. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *