Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Tali Skipping

Lompat tali atau skipping memiliki banyak manfaat untuk kebugaran diri. Olahraga ini adalah termasuk olahraga kardio yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain itu, peralatannya juga cukup mudah di dapat, yaitu hanya membutuhkan tali skipping yang baik. Tapi, tahukah Anda tali skipping yang dipilih juga menentukan hasil dari olahraga Anda?

tali skipping terbaik

Ada berbagai macam tali skipping yang dapat ditemui pasaran. Setiap produknya pun menawarkan berbagai keunggulan. Tetapi, yang perlu diingat dalam memilih tali skipping adalah hasil yang Anda inginkan dari olahraga lompat tali. Jika Anda ingin membuat otot, pilih tali berbobot berat sehingga dapat membakar kalori dengan cepat.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih tali skipping.

Panjang 

Anda harus tau panjang tali yang sesuai untuk melakukan olahraga skipping. Tali skipping harus memiliki panjang 55 cm melebih tinggi badan. Mayoritas tali yang ada di pasaran memiliki panjang sekitar 2-3 meter. Lebih baik Anda memotong tali skipping untuk menyesuaikan dengan tinggi badan. Tapi akan lebih baik lagi jika pegangan tali skipping memiliki adjuster yang bisa menyesuaikan panjang tali. 

Jenis 

Pilihlah jenis tali yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada berbagai macam jenis tali yang bisa Anda pilih, mulai dari tali kain, vinyl, manik-manik, plastik, hingga kawat. Semuanya menawarkan kegunaan yang berbeda untuk tujuan latihan yang berbeda.

Jika Anda merupakan pemula di olahraga lompat tali, Anda bisa menggunakan tali kain yang cukup berat dan fleksibel namun mudah untuk dilompati. Sementara jika Anda mencari tali yang dapat melatih otot, Anda bisa menggunakan tali kawat yang memiliki kecepatan tinggi. Tali skipping berbahan kawat sangat baik untuk Anda atlet profesional.

Berat 

Memilih berat dari tali skipping dapat ditentukan dari goal yang Anda ingin raih dari latihan lompat tali. Tali skipping yang tipis dapat digunakan untuk melakukan ayunan yang cepat dan double unders atau mengayun ali dua kali putaran. Sedangkan tali yang tebal sering kali digunakan untuk atlet muay thai dan seni bela diri lainnya.

Sementara itu, tali yang lebih berat sangat bagus untuk latihan lengan, membangun stamina, dan fleksibilitas. Sehingga, sebelum memilih tali skipping tentukan dulu tujuan dari latihan Anda!

Pegangan

Sangat penting memilih pegangan tali skipping yang baik. Anda harus memilih pegangan yang tidak mudah selip dan sesuai dengan bentuk tangan Anda, serta pilihlah bahan pegangan yang fleksibel. Jika Anda memilih pegangan yang buruk, akan mungkin untuk tali skipping melayang dan membuat cedera.

Bagi anak-anak pegangan tali skipping berbahan busa lebih aman untuk digunakan, sementara untuk orang dewasa, bisa menggunakan tali dengan bahan plastik. Selain itu, ada beberapa tali skipping yang memiliki fitur untuk mengubah bobot di pegangannya. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengkustomisasi latihan lompat tali Anda.

Tali air ropeJenis tali skipping air rope jumping dapat menjadi pilihan Anda jika ingin berlatih di dalam ruangan. Tidak seperti tali skipping pada umumnya, jenis ini memiliki tali yang lebih pendek. Meski demikian, jenis tali ini dapat memberikan efektifitas yang sama dengan tali skipping pada umumnya, yaitu memperkuat otot lengan, pinggang, dan kaki. Anda bisa tetap merasakan sensasi melompat tali seperti pada umumnya meski berada di ruangan sempit. Anda juga tidak perlu khawatir suara tali yang membentur lantai atau dapat menggunakan matras yoga sebagai alas Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *