Masalah Asam Lambung? Konsumsi Dobrizol Lansoprazole 30 mg!

Anda sedang menderita asam lambung? Kalau iya, Anda harus segera mengatasinya dengan Dobrizol Lansoprazole 30 mg. Ini adalah obat berbentuk kapsul yang diproduksi khusus untuk menangani masalah pencernaan. 

Dobrizol kapsul digunakan untuk mengatasi luka pada dinding lambung dan usus 12 jari.

Tak hanya asam lambung, obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah yang terjadi pada dinding usus 12 jari yang mengalami luka.

Kandungan dan komposisi

Kapsul ini mengandung Lansoprazole sebesar 30 mg. Ini adalah kandungan obat untuk mengobati masalah lambung dan esofagus.

Zat aktif ini membantu menyembuhkan kerusakan akibat asam lambung, baik pada perut maupun kerongkongan.

Selain itu, Lansoprazole mencegah terbentuknya tukak lambung dan dapat membantu mencegah kanker esofagus atau kanker kerongkongan.

Cara kerja Lansoprazole adalah menurunkan produksi asam oleh lambung, dan juga bisa dipakai untuk meredakan gejala seperti heartburn (panas perut), sulit menelan, dan batuk yang tak sembuh-sembuh. Lansoprazole termasuk obat dalam golongan proton pump inhibitor (PPI).

Termasuk golongan apakah obat ini?

Obat anti-asam lambung ini termasuk golongan obat keras, yang berarti penggunaannya harus melalui resep dokter, serta tidak boleh sembarangan karena bisa memberikan dampak yang cukup negatif pada tubuh.

Siapa yang boleh mengonsumsinya?

Obat diperuntukkan khusus bagi orang dewasa yang mempunyai masalah pada lambung dan usus 12 jari.

Siapa yang tidak diperbolehkan mengonsumsi?

Yang tidak diperbolehkan adalah orang dewasa yang mengalami hipersensitif terhadap komponen obat

Berapa dosis yang dibutuhkan?

Dobrizol diberikan sesuai dengan penyakit yang diderita. Jika Anda menderita esofagitis erosif, dosis awal Lansoprazole 30 mg adalah secara oral sekali sehari selama 8 minggu. 

Apabila pasien bermasalah dengan oral, dapat diberikan selama 30 menit selama 7 hari melalui infus.

Untuk  dewasa pengidap tukak usus 12 jari, dosisnya adalah 15 mg secara oral sekali sehari 30 menit sebelum makan dan  harus dilanjutkan hingga 4 minggu.

Untuk dewasa pengidap refluks asam lambung, dosisnya adalah 15 mg secara oral sekali sehari, dan harus dilanjutkan hingga 8 minggu.

Bagi dewasa pengidap tukak lambung, dosisnya  30 mg secara oral sekali sehari 30 menit sebelum makan dan harus  dilanjutkan selama 4 hingga 8 minggu.

Sedangkan untuk dewasa pengidap multiple endocrine adenomas, dosisnya adalah 60 mg secara oral sekali sehari. Pemberian dosis bisa hingga 90 mg secara oral 2 kali sehari.

Terakhir untuk dewasa pengidap mastositosis sistemik, dosisnya adalah 60 mg secara oral sekali sehari. Pemberian bisa hingga 90 mg secara oral 2 kali sehari.

Untuk dosis ini, yang perlu Anda perhatikan adalah jangan menggandakan dosis apabila dosis sebelumnya sudah lama terlewati.

Bagaimana cara mengonsumsinya?

Obat harus dikonsumsi sebelum makan dengan menelan kapsul seluruhnya. Supaya dapat tertelan Anda bisa gunakan air minum untuk membantu.

Adakah efek sampingnya?

Tentu saja obat ini mempunyai efek samping. Efek samping yang dihasilkan adalah sebagai berikut:

  • Pusing, bingung
  • Denyut jantung cepat atau tidak teraba
  • Gerak otot menyentak
  • Merasa gelisah
  • Diare air atau berdarah
  • Kram otot, lemah otot atau pincang
  • Batuk atau tersedak
  • Kejang

Namun yang perlu diperhatikan adalah tidak semua orang mengalami masalah-masalah tersebut. Apabila Anda mengalami salah satu efek samping di atas, segera hentikan pemakaian dan konsultasikan kepada dokter.

Berapa harganya?

Dobrizol Lansoprazole 30 mg ini dibanderol mulai dari Rp 10.000, dan dijual terbatas di apotek-apotek online dan offline karena merupakan obat keras yang perlu resep dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *