Minum Bodrex Flu dan Batuk Berdahak Pun Reda

Pernahkah Anda menderita batuk berdahak? Kondisi ini adalah sebuah gejala infeksi pernapasan, alergi, dan kondisi jantung yang cukup umum dijumpai. Istilah medis untuk batuk berdahak adalah batuk produktif. Batuk berdahak terjadi akibat adanya lendir atau cairan lain di dalam saluran pernapasan atas atau bawah. Batuk berdahak ini dapat terjadi pada kondisi yang memengaruhi satu atau kedua paru-paru, bronkus, pangkal tenggorokan, ataupun tekak. Batuk berdahak juga dapat dihubungkan dengan kondisi yang lebih umum, seperti demam, hay fever, ataupun flu. Jika Anda memiliki kondisi ini, minum Bodrex flu dan batuk berdahak bisa meredakan gejala yang mengganggu.  

Obat batuk generik untuk atasi batuk kering dan berdahak

Bodrex flu dan batuk berdahak adalah obat OTC atau over the counter yang dapat mengatasi gejala batuk produktif ringan. Namun tergantung apa yang menyebabkan kondisi yang Anda derita, dokter dapat merekomendasikan obat jenis lain. Adapun penyebab spesifik batuk berdahak di antaranya adalah infeksi dan peradangan pada paru-paru (pneumonia) dan bronkus (bronchitis). Penyebab spesifik lain di antaranya adalah penyakit paru obstruktif kronis (COPD), bronchiectasis (hancurnya dan pelebaran aliran udara besar), fibrosis kistik, dan tuberculosis (TB). Kanker paru juga merupakan sebuah penyebab umum batuk berdahak yang dapat mengakibatkan batuk berdahak yang juga bisa mengeluarkan sputum berdarah (hemoptysis). Alergi yang melibatkan paru-paru (asma) juga dapat menyebabkan batuk berdahak. Kondisi jantung tertentu dapat berujung batuk berdahak. Penyebab serius di antaranya adalah penumpukan cairan di paru-paru akibat episode gagal jantung kongestif akut. Meninggikan posisi kepala saat Anda berbaring dapat mengatasi gejala batuk berdahak. Dalam kasus yang ringan, obat OTC seperti Bodrex flu dan batuk berdahak juga bisa meredakan gejala yang mengganggu. 

Akan tetapi, dalam beberapa kasus tertentu, batuk berdahak dapat menjadi sebuah tanda adanya kondisi serius atau mengancam nyawa. Carilah bantuan kegawatdaruratan medis secepatnya apabila Anda, atau seseorang yang Anda kenal, memiliki gejala serius, seperti kesulitan bernapas parah dan rasa nyeri pada dada yang sangat tajam, yang mana dapat ditemani dengan gejala lain seperti demam tinggi, bibir yang biru dan wajah pucat, perubahan pada level kesadaran atau kewaspadaan, dan detak jantung yang sangat cepat. Carilah bantuan medis secepatnya apabila Anda sedang mendapatkan perawatan batuk berdahak namun gejala ringan masih terus menerus muncul. 

Gejala lain yang perlu diwaspadai

Batuk berdahak dapat ditemani dengan gejala lain, yang mana bervariasi atau beragam tergantung penyakit atau kondisi yang diderita. Gejala yang sering memengaruhi saluran pernapasan juga dapat melibatkan sistem tubuh lainnya. Batuk berdahak dapat menemani gejala lain yang memengaruhi sistem pernapasan, seperti apnea (berhenti bernapas sejenak), nyeri atau tekanan pada dada, batuk yang semakin parah seiring dengan berjalannya waktu, batuk mengeluarkan lendir berwarna hijau atau kuning, batuk mengeluarkan lendir berwarna merah muda dan berbusa, kesulitan bernapas, napas yang sangat cepat (tachypnea), sesak napas, dan mengi. 

Batuk berdahak merupakan gejala infeksi pernapasan atau kondisi jantung yang cukup umum dijumpai. Kondisi ini terjadi akibat adanya lendir atau dahak di saluran pernapasan atas atau bawah. Kondisi ini dapat terjadi pada kondisi yang memengaruhi satu atau dua paru-paru, bronkus, serta laring. Dalam kasus yang ringan, batuk produktif dapat diatasi menggunakan obat-obatan over the counter atau OTC seperti Bodrex flu dan batuk berdahak. Namun dalam kasus yang lebih parah, ada baiknya Anda mengunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan, diagnosis, serta rencana perawatan yang direkomendasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *