Redakan Demam Anak, Hufagesic dan Cara Tak Terduga ?

Jangan langsung panik ketika suhu tubuh anak terasa tinggi. Cobalah segera ukur suhu tubuh menggunakan termometer. Jika memang suhunya sudah mencapai 38 derajat Celsius ke atas, artinya anak Anda memang sedang demam. 

Pada saat ini, Anda bisa langsung membeli Hufagesic atau obat lainnya agar demam anak cepat mereda. Selain itu, Anda juga bisa mencoba berbagai cara alami yang dinilai sukses dan ampuh menurunkan demam dengan cepat dan tentu aman untuk anak. 

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan demam anak. Banyak di antaranya yang terkesan tidak terduga, namun ternyata cukup efektif membantu anak mengusir demam dari tubuhnya. 

Berikan Sup Hangat 

Untuk mengatasi demam anak, yang terpenting adalah menjaga elektrolit dalam tubuh. Pasalnya pada saat demam, anak lebih mudah berkeringat dan kehilangan elektrolit. Semangkuk sup hangat yang berasal dari kaldu tulang ayam maupun daging bisa menjadi pilihan yang tepat. Soalnya, sup mengandung banyak vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan anak agar lebih berenergi melawan infeksi penyebab demam. Di samping itu, sup juga mudah dicerna sehingga aman untuk pencernaan si kecil. 

Perbanyak Konsumsi Air 

Mengonsumsi banyak air akan membuat anak akan lebih mudah buang air kecil. Pengeluaran urine ini akan membuat demam anak semakin cepat menurun. Tidak perlu harus memaksa anak mengonsumsi air putih. Anda juga bisa memberikan anak jus atau susu untuk asupan cairannya selama demam berlangsung. Memperbanyak konsumsi cairan pun efektif untuk mencegah anak mengalami dehidrasi ketika sedang demam. 

Konsumsi Probiotik  

Pada saat demam, sistem kekebalan tubuh anak sudah bekerja keras melawan infeksi. Mengonsumsi probiotik bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak sehingga demam bisa berkurang. Anda bisa memberi anak suplemen probiotik pada saat demam. Memberikan makanan-makanan fermentasi yang kaya probiotik, seperti yogurt, tempe, ataupun tahu juga bisa menjadi pilihan yang bijak. 

Pikirkan Parasetamol 

Jika Anda terlalu khawatir dengan demam anak dan ingin suhu tubuhnya segera menurun, Anda bisa menggunakan obat-obatan yang aman dengan kandungan parasetamol. Hufagesic merupakan salah satu yang direkomendasikan. Pasalnya, obat sirup ini bisa digunakan sejak anak berusia 0 tahun. Namun, lebih baik jika Anda mengonsultasikan penggunaan obat ini terlebih dahulu kepada dokter anak Anda. 

Olah Daun Ketumbar 

Daun ketumbar ternyata adalah herbal yang mampu meredakan demam anak. Anda cukup mengolahnya dengan air, kemudian memblendernya. Jangan lupa menyaring jus ketumbar tersebut agar lebih nyaman dikonsumsi anak. Minuman cairan ini 2—3 kali sehari untuk mencegah maupun meredakan demam pada si kecil. 

Beralih ke Minyak Aroma Terapi 

Menurunkan demam pada anak juga bisa menggunakan minyak aroma terapi. Beberapa pilihan minyak esensial yang diklaim efektif menurunkan demam, antara lain minyak kayu manis, pepper mint, juga lavender. Untuk menggunakannya, Anda bisa menggunakan diffuser ataupun mengoleskannya langsung larutan minyak aroma terapi dengan campuran minyak alami lain, seperti minyak kelapa. Jika mengoleskannya, Anda bisa menaruhnya di bagian telapak kaki dan belakang leher anak. 

Makan Es 

Anda mungkin merasa cara ini tidak masuk akal. Namun nyatanya, mengonsumsi es pada saat demam bisa membantu menurunkan demam anak. Namun, sebaiknya es yang digunakan adalah es dari potongan buah. Ini akan membuat anak-anak suka karena rasanya yang manis, di samping kandungan vitaminnya yang tinggi juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh si kecil melawan infeksi. 

*** 

Jika pemberian Hufagesic sirup dan berbagai cara alami sudah dilakukan, tapi demam anak tidak menurun dalam 3 hari, cobalah berkonsultasi ke dokter. Konsultasi ke dokter juga wajib Anda lakukan apabila demam anak meningkat sampai menembus 40 derajat Celcius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *