Tips Merawat Rambut Menggunakan Baby Oil dengan Mudah

Baby oil adalah minyak mineral buatan manusia. Seperti petroleum jelly, baby oil diambil dari proses penyulingan minyak bumi. Setelah itu, minyak akan dimurnikan dan disuling kembali. Baby oil dimurnikan lebih lanjut hingga aman untuk perawatan kulit dan penggunaan kecantikan lainnya.

Salah satu manfaat dari baby oil yang jarang diketahui adalah baby oil dapat merawat rambut dan menjaga rambut agar tetap sehat. Manfaat baby oil untuk rambut mungkin tidak sepopuler kegunaannya untuk kulit. Produk perawatan yang didesain aman untuk kulit bayi ini tidak hanya baik untuk kulit, baby oil ternyata banyak digunakan untuk menjaga kesehatan rambut.

Apakah aman menggunakan Baby Oil untuk rambut?

Pertama, baby oil adalah minyak mineral, yang merupakan minyak tidak berwarna dan tidak berbau yang terbuat dari minyak bumi. Fakta bahwa itu adalah produk sampingan dari penyulingan minyak bumi untuk menghasilkan bensin dapat menjadi penghalang bagi mereka yang mempertimbangkan untuk menggunakan baby oil di tubuh mereka. Tetapi, minyak mineral telah digunakan dalam banyak produk di industri kecantikan selama bertahun-tahun. Di dunia kecantikan, minyak mineral harus direbus dan diuapkan untuk menghilangkan hidrokarbon di dalamnya.

Tidak seperti beberapa minyak, minyak mineral tidak mengering. Berbagai jenis minyak bayi seperti baby oil ini dapat dikombinasikan dengan minyak esensial lainnya untuk membuat sabun dan kondisioner. Sehingga baby oil memang aman untuk digunakan sebagai salah satu produk kecantikan jika digunakan dengan anjuran yang tepat.

Baby oil juga biasanya tidak mengandung zat kimia berbahaya, seperti paraben, pewarna, pewangi, dan phthalate (bahan pelunak plastik). Oleh karena itu, kegunaan baby oil untuk rambut tergolong aman dilakukan.

Baby oil juga bersifat hypoallergenic atau tidak rentan menyebabkan alergi. Artinya, minyak ini memiliki formula yang ringan dan cenderung tidak dapat menimbulkan reaksi alergi kulit pada sebagian besar orang.

Tips merawat rambut dengan Baby Oil agar sehat dan berkilau

Mungkin banyak dari Anda yang masih bingung tentang bagaimana cara merawat rambut menggunakan baby oil yang dimana produk ini lebih banyak digunakan di badan, khususnya untuk bayi.

Namun, jika Anda tertarik untuk mencoba merawat rambut dengan menggunakan baby oil, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tuang sekitar 2-4 sendok makan baby oil ke dalam sebuah wadah berukuran kecil, atau menggunakan takaran sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal ini bisa berbeda sesuai dengan panjang dan volume rambut yang Anda miliki.
  2. Hangatkan baby oil dengan microwave selama 10-15 detik.
  3. Setelah proses penghangatan selesai, Anda bisa langsung mengoleskan baby oil dengan lembut ke kulit kepala dan lakukan pijatan dengan jari-jari. Mulailah dari garis rambut dan lanjutkan ke bagian belakang leher.
  4. Jangan lupa untuk mengoleskan pula ujung rambut dengan sisa baby oil. Fokuskan pada area rambut yang lebih kering atau rusak agar baby oil dapat terserap ke rambut yang rusak dengan lebih maksimal.
  5. Setelah selesai melumuri rambut dengan baby oil, tutupi kepala dan rambut dengan handuk atau shower cap dan biarkan masker baby oil di rambut semalaman atau selama beberapa jam.
  6. Jika sudah, cuci rambut dengan hati-hati menggunakan air hangat dan sampo. 
  7. Pijat kulit kepala dan bersihkan helaian rambut dengan lembut untuk memastikan sisa baby oil terangkat dengan sempurna. Jika mempunyai rambut berminyak, Anda mungkin perlu mencuci rambut hingga 2 kali. 
  8. Terakhir, Anda bisa menambahkan kondisioner dan tata rambut Anda seperti biasanya. 

Dengan melakukan langkah-langkah di atas secara rutin, Anda akan merasakan manfaat yang baik untuk rambut Anda seperti:

  • Memperkuat rambut agar tidak mudah rapuh, dan rusak
  • Membuat rambut menjadi lebih halus, berkilau, dan tidak mengembang
  • Menenangkan kulit kepala yang kering
  • Membasmi ketombe yang membandel
  • Melembabkan rambut agar tidak mudah kering

Anda bisa menggunakan produk baby oil seperti Zwitsal Natural Baby Oil untuk merawat rambut. Zwitsal Natural Baby Oil telah bersertifikat halal dan teruji hypoallergenic, sehingga aman digunakan pada kulit sensitif sekalipun.

Minyak ini terbuat dari minyak mineral, vitamin E, parfum, minyak zaitun, serta ekstrak lidah buaya sehingga memiliki manfaat yang sangat baik.

Temukan Zwitsal Natural Baby Oil di toko SehatQ yang dapat diakses melalui website atau aplikasi SehatQ dan nikmati berbagai fitur menarik lainnya yang tersedia di SehatQ untuk lengkapi kebutuhan kesehatan Anda setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *