Cohistan dan Tips Jitu Meredakan Batuk Berdahak

Batuk berdahak sungguh menyiksa. Apalagi jika sudah malam hari, Anda bisa dibuat susah tidur karenanya. Masalah kesehatan ini sendiri umumnya disebabkan oleh adanya lendir di tenggorokan yang sulit dikeluarkan. Gejala alergi pun bisa menimbulkan kondisi batuk berdahak.

Tidak sulit sebenarnya memulihkan kondisi batuk berdahak. Biasanya gejala batuk akan mereda tidak sampai 14 hari. Penggunaan obat batuk, seperti Cohistan, pun sangat direkomendasikan untuk mempercepat penyembuhan Anda dari batuk berdahak. 

Namun sebenarnya, banyak cara lain yang juga tidak boleh ketinggalan Anda lakukan guna mempercepat pemulihan dari batuk berdahak. Berbagai cara di bawah ini bisa membuat lendir di tenggorokan lebih cepat keluar dan Anda pun lekas pulih. 

Perbanyak Minum Air 

Pastikan tubuh Anda tetap terhidrasi ketika mengalami batuk berdahak. Bahkan sangat dianjurkan, Anda memperbanyak konsumsi air putih selama proses pemulihan dari batuk. Minum banyak air bisa membuat lendir di tenggorokan lebih encer dan lebih mudah dikeluarkan. 

Kumur Air Garam 

Berkumur air garam sangat banyak manfaatnya. Memiliki sifat anti bakteri, air garam bisa meredakan sakit gigi, mencegah infeksi virus dan bakteri, dan tentunya juga mempercepat pemulihan Anda dari batuk berdahak. Berkumurlah air garam beberapa kali dalam sehari menggunakan air hangat. Cara ini efektif membersihkan lendir dari tenggorokan sehingga batuk Anda pun mereda. 

Pakai Obat Batuk Expectorant 

Menggunakan obat batuk adalah cara paling efektif untuk meredakan batuk. Khusus untuk batuk berdahak, pilihlah obat batuk expectorant, seperti Cohistan. Jenis obat batuk ini bisa melegakan tenggorokan Anda dan memulihkan iritasi yang menyebabkan lendir di tenggorokan. Namun, pastikan Anda menggunakan obat batuk tersebut sesuai dosis untuk meminimalkan efek samping. Tidak ada salahnya pula Anda berkonsultasi dulu ke dokter sebelum menggunakan Cohistan ataupun obat batuk expectorant lainnya. 

Hirup Uap Hangat 

Uap hangat sangat efektif untuk membuat tenggorokan lebih lega dan mengencerkan lendir penyebab batuk berdahak. Anda bisa menaruh air panas ke dalam mangkok dan menghadapkannya ke wajah Anda agar uapnya bisa masuk ke saluran pernapasan. Jangan lupa beri jarak antara mangkok dengan wajah sekitar 30 sentimeter dan taruh handuk di belakang kepala untuk mencegah penguapan berlebih. Menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih pun akan lebih efektif untuk melegakan pernapasan dan meredakan batuk berdahak. 

Konsumsi Sup Hangat 

Batuk berdahak tidak berkesudahan dalam beberapa hari terakhir? Hal ini bisa menjadi tanda-tanda infeksi di saluran pernapasan Anda. Cobalah mengonsumsi sup ayam hangat. Kandungan protein dan asam amino yang berpadu dengan uap hangat dari sup terbukti efektif meredakan gejala infeksi saluran pernapasan atas, tidak terkecuali batuk berdahak. 

Lakukan Pembersihan Rumah 

Beberapa penyebab batuk berdahal berasal dari reaksi alergi. Hal ini bisa saja terjadi karena terlalu banyak debu dan polutan di sekeliling Anda. Jangan ragu untuk segera membersihkan rumah jika mulai mengalami batuk. Kondisi rumah yang bersih akan membuat batuk Anda lekas menghilang. 

Pertimbangkan Humidifier 

Batuk berdahak bisa saja muncul dari kondisi udara yang terlalu kering sehingga membuat area tenggorokan juga lebih mudah mengalami iritasi. Biasanya, udara kering sangat rentan terjadi pada musim dingin atau hujan. Pada saat itu, tidak ada salahnya menggunakan humidifier untuk melembapkan udara di ruangan rumah Anda sehingga batuk yang Anda alami bisa berkurang. 

*** 

Jadi, jangan panik lagi jika mengalami batuk berdahak, ya. Ada Cohistan dan berbagai cara jitu untuk segera meredakannya. Tapi apabila tidak kunjung membaik dalam 2 minggu, segera periksa ke dokter. 

Reference

https://toko.sehatq.com/produk/cohistan-expectorant-sirup-100-ml
https://www.healthline.com/health/cold-flu/how-to-get-rid-of-phlegm#:~:text=You%20can%20try%20products%20like,by%20thinning%20and%20loosening%20it.
https://www.medicalnewstoday.com/articles/322394
https://www.medicinenet.com/how_to_stop_coughing/article.htm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *